Kalkulatif.com

Beberapa Kesalahan yang Dilakukan Dalam Berinvestasi

Beberapa Kesalahan yang Dilakukan Dalam Berinvestasi

Dalam beberapa solusi, seorang investor sering melakukan kesalahan dalam mengambil suatu langkah dalam menempatkan dana investasinya pada instrumen investasi tertentu. Berbagai kesalahan tersebut mungkin datang baik dari dirinya sendiri maupun yang mungkin datang dari pengaruh dari luar dirinya, seperti berbagai spekulasi pasar yang ada dan juga lain sebagainya.

Pada kondisi - kondisi tertentu, inilah kesalahan - kesalahan yang sering dilakukan oleh para investor, antara lain:

1. Bersikap Emosional

Setiap orang tentu memiliki sisi emosi yang unik satu sama lain, tetapi emosi hanya akan merugikan bagi investor bila mengambil langkah dengan di dahului oleh emosional tanpa perhitungan yang logis.

2. Mengandalkan Rekomendasi Luar

Banyak tersebar rekomendasi pembelian saham, seperti di internet dan sebagainya yang dibagikan kepada investor setiap hari. Baiknya, rekomendasi seperti ini Cuma dijadikan sebagai acuan atau data - data yang harus diperhitungkan lagi, bukan langsung mengambil langkah seperti rekomendasi tersebut.

3. Mengabaikan Perhitungan Finansial

Sebelum mengambil keputusan dalam berinvestasi, alangkah baiknya memperhitungkan terlebih dahulu seberapa kuat finansial yang di miliki untuk berinvestasi pada instrumen yang diinginkan, supaya tidak membebani kebutuhan rutin yang diperlukan nantinya.

4. Melupakan Harga Batas Support

Dalam berinvestasi misalnya saham, adanya range batas support harga saham tersebut. Diperlukan untuk selalu mengawasi gerak harganya terhadap batas support agar tidak merugikan pihak investor dalam jumlah yang besar.

5. Mengambil Keputusan Orang Lain

Ini juga berbahaya, dikarenakan pada akhirnya orang lain tersebut juga takkan bertanggung jawab terhadap apa yang sudah di ambil oleh investor ini.

6. Bertindak Atas Dasar Momentum

Biasanya akan ada banyaknya momen di mana investor merasa pada waktu tertentu adalah saatnya melakukan aksi beli maupun jual. Bertindak hanya atas dasar tersebut akan sangat merugikan investor tersebut tanpa memperhitungkan kembali data - data yang sudah ada.

7. Membuat Keputusan Alternatif

Keputusan utama yang sudah di ambil tetapi merugikan, sebaiknya tidak spontan membuat alternatifnya. Dikarenakan, bisa jadi hanya akan membuat kesalahan yang sama dari keputusan tersebut.

2018-09-02T10:09+07:00
About Disclaimer Contact © 2018 Kalkulatif.com