Kalkulatif.com

4 Cara Menyelamatkan Keuangan Masa Pensiun

4 Cara Menyelamatkan Keuangan Masa Pensiun

Banyak yang masa mudanya menghasilkan banyak penghasilan, tetapi tidak bertahan keberhasilannya hingga masa tua (pensiun). Bahkan ada juga yang sampai terlilit utang di masa pensiun dan harus melunasinya.

Kondisi keuangan harus sedini mungkin diperhatikan agar berimpas pada masa tua yang tidak menimbulkan banyak masalah keuangan ke depannya. Hal ini cukup beralasan, di saat tidak lagi dalam masa produktif, pilihan pekerjaan seseorang akan banyak berkurang.

Inilah empat (4) cara untuk menyelamatkan kondisi keuangan di masa pensiun yang harus di mulai sedari awal.

1. Lihat kembali pola pikir: Pilihan VS Kepuasan.

Penting untuk memikirkan pengaruh gaya hidup yang puas berlebihan sebelum mengatur berapa pengeluaran yang diperlukan setiap harinya. Saat membuat suatu strategi, sadari pilihan yang di buat bahwa lebih baik menempatkan pengeluaran atas dasar pilihan yang baik dari pada kepuasan yang tak berujung.

2. Keluarkan karena ada tujuan.

Cara terbaik untuk menghindari gaya hidup berlebihan adalah dari perhatian lebih terhadap setiap pengeluaran yang dikeluarkan. Termasuk mengontrol setiap pembelian yang dilakukan.

Vanessa Friedman, kepala pemerhati fashion pada New York Times menulis sebuah kolom. Dia menyebut kita menilai pakaian kita dan bayar di sana. dia mendapatkan kelebihan dan kekurangan pada barangnya tersebut, dengan kepuasan yang sedikit dan berdebat antar sesama mereka.

3. Tetap berpegang pada cita - cita

Menjaga cita - cita bisa dengan menuliskannya dan menaruhnya di tempat yang sering terlihat, misalnya di kamar sendiri. Cara seperti ini akan mudah terpengaruh saat kamu membelanjakan sesuatu yang kamu mau.

4. Tahu kemana uang dihabiskan.

Kembangkan sebuah kesadaran tentang bagaimana uangnya kamu dapatkan, dan untuk apa saja kamu keluarkannya. Pikirkan juga setiap pengeluaran itu merefleksikan kamu dan prioritas kamu.

2018-10-08T18:41+07:00
About Disclaimer Contact © 2018 Kalkulatif.com